Game
engine adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang dirancang untuk
pembuatan dan pengembangan suatu video game. Game engine memberikan kemudahan
dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan dibuat. Mulai dari sistem
rendering, physics, arsitektur suara scripting, A.I, dan bahkan sistem
networking. Game engine dapat dikatakan sebagai jiwa dari seluruh aspek sebuah
game.
Ada
banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video
dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X.
Fungsionalitas inti biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin
render (“renderer”) untuk 2D atau 3D grafis, mesin fisika, atau tabrakan (dan
tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, keceradasan buatan, jaringan,
streaming, manajemen memori, threading, dukungan lokalisasi, dan adegan grafik.
Proses pengembangan permainan sering dihemat oleh sebagian besar mengggunakan
kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.
Sebuah
game engine dibagi lagi menjadi dua bagian besar. Yaitu API dan SDK. API
(Application Programming Interfaces) adalah bagian operating system, services,
dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang
diperlukan. Dalam hal ini contohnya DirectX. Sementara SDK adalah kumpulan dari
libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan
operating system dan services yang sama.
1. GAME
MAKER
Game
Maker adalah sebuah game engine yang bisa membantu membuat sebuah game komputer
tanpa menggunakan codingan yang banyak dengan bahasa pemrograman. Dengan game
maker dapat membuat game 2D, 3D atau multiplayer, dan juga mempunyai hak penuh
terhadap game yang anda buat.
Game
maker (yang biasa disingkat GM) adalah IDE Windows dan MAC, yang dikembangkan
oleh Mark Overmars menggunakan bahasa pemrograman Delphi. Sekarang ini
dikembangkan dan di publikasikan oleh YoYo Games, sebuah perusahaan perangkat
lunak dimana Overmars terlibat didalamnya. Game maker mengizinkan pengguna
untuk membuat video games tanpa perlu mengetahui pengetahuan tentang bahasa
pemrograman. Rilisan terbaru dari Windows adalah GameMaker : Studio As pada Mei
2012 dan versi 7-nya di Mac OS X mulai 11 Agustus 2010. Game Maker Studio
dirilis pada 22 Mei 2012, dengan Game Maker Standard terbaru rilis menjadi
GameMaker 8.1. Sejak awal rilis pada 1999, Game Maker mendapat banyak fitur,
mensupport 3D, support di banyak platform, serta basis user yang signifikan,
dengan YoYo Games memberikan hosting gratis untuk pengguna pembuat game.
BAHASA
PEMROGRAMAN GAMEMAKER
GML
adalah bahasa scripting utama yang ditafsirkan mirip dengan java kompilasi
Just-In-Time yang digunakan dalam GameMaker. Hal ini memungkinkan pengguna
untuk lebih meningkatkan dan mengendalikan desain permainan mereka melalui
pemrograman konvensional, yang bertantangan dengan sistem drag-and-drop.
Sintaks dari GML meminjam aspek dari bahasa lain seperti C, C++ dan Java,
efektif memanfaatkan pemrograman berorientasi objek.
KELEBIHAN
1. Mudah
digunakan karena adanya fasilitas Drag dan Drop.
2. Tidak
terlalu perlu menggunakan Bahasa Pemrograman.
3. Lengkap
dengan program pendukung.
4. Dapat
membuat jenis game apa saja.
KEKURANGAN
1. Game
Maker versi Lite.
2. Hanya
sebagian tool saja yang bisa dipakai.
3. Penambahan
instruksi save dan load game tidak dapat digunakan pada versi ini.
4. Terdapat
logo game maker saat me-running game yang mau dijalankan.
Contoh Game:
2. UNITY
Unity
merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multiplatform
yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan
aplikasi yang professional. Editor pada unity dibuat dengan user interface yang
sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan
untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan ranking teratas untuk editor
game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan
directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti
format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat
beroperasi pada Mac OS X dan Windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac,
Windows, Wii, iPhone, iPad, dan Android.
Unity
secara rinci dapat digunakan untuk membuat video game 3D, real time animasi 3D
dan visualisasi arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity
dapat menggunakan plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang
didukung oleh Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets
Mac. Unity juga akan mendukung console
terbaru seperti PlayStation 3 dan Xbox 360. Pada tahun 2010, telah memperoleh
Technology Innovation Award yang diberikan oleh Wall Street Journal dan tahun
2009, Unity Technology menjadi 5 perusahaan game terbesar Tahun 2006, menjadi
juara dua pada Apple Design Award.
Server
asset dari unity dapat digunakan semua scripts dan asset game sebagai selusi
dari versi control dan dapat mendukung proyek yang terdiri atas banyak
gigabytes dan ribuan dari file multi-megbyte. Editor unity dapat menyimpan
metadata dan versi mereka, itu dapat berjalan, pembaruan dan didalam
perbandangan versi grafis. Editor Unity dapat diperbaharui dengan sesegera
mungkin seperti file yang telah dimodifikasi Server aset Unity juga cocok pada
Mac, Windows, dan Linux dan juga berjalan pada PostgreSQL, database server
opensource.
Perizinan
atau license dari Unity ada dua bentuk. Ada Unity dan Unity Pro. Versi Unity
tersedia dalam bentuk gratis, sedangkan versi Unitty Pro hanya dapat dibeli.
Versi Unity Pro ada dengan fitur bawaan seperti efek post processing dan render
efek texture. Versi Unity merupakan yang gratis memperlihatkan aliran untuk
game web dan layar splash untuk game yang berdiri sendiri. Unity dan Unity Pro
menyediakan tutorial, isi, contoh project, wiki, dukungan melalui forum dan
pembaruan kedepannya. Unity digunakan pada iPhone, iPod, dan iPad operating
system yang mana iOS ada sebagai add-ons pada Unity editor yang telah ada
lisensinya, dengan cara yang sama juga pada Android.
BAHASA
PEMROGRAMAN UNITY
Bahasa
pemrograman yang dapat diterima UNITY adalah JAVA SCRIPT (C#) & BOO SCRIPT.
Unity menggunakan sistem navigasi bebas dalam merangkai sebuah game. Hal ini
tentunya memudahkan developer untuk melihat sisi-sisi ruang 3 Dimensi dalam
game guna melihat celah-celah yang ada. Sistem navigasi di Unity mirip pada Editor
3D Modelling yang ada pada Blender 3D.
KELEBIHAN
-
Gratis.
-
Multiplatform.
-
Mempercepat desain level/layout di game
dengan adanya editor WYSIWYG.
KEKURANGAN
-
Memori yang digunakan besar.
-
Butuh penyesuaian yang agak kompleks
pada saat mau develop game 2D tanpa bantuin plugin.
-
Perlu penyesuaian mengikuti gaya
component based.
Contoh Game:
3. UNREAL
ENGINE
Unreal
engine merupakan game engine yang dikembangkan oleh Epic Games, dan pertama
kali diperkenalkan pada tahun 1998 dengan game bergenre first-person shooter.
Walaupun utamanya dikembangkan untuk game first=person shooters, tapi Unreal
Engine juga bagus digunakan untuk membuat game bergenre yang lain. Unreal
Engine menggunakan bahasa pemrograman C++ dan Unreal Engine merupakan alat yang
digunakan oleh banyak pengembang game pada saat ini.
Unreal
Engine dikembangkan oleh Epic Games, yang mempunyai fitur tingkat tinggi dan
sering digunakan bagi para developer game saat ini, UE3 pernah rilis dan
dirancang untuk Microsoft DirectX9 (untuk Windows dan Xbox 360), DirectX 9 untuk
Windows Vista, DirectX 11 untuk windows 7 dan OpenGL untuk OS X, Linux, PS3,
Wii U, iOS, Android dan HTML 5/ Java Script tahap 3D untuk adobe flash player
11.
KELEBIHAN
-
Menggunakan Blueprint, sebuah visual
script editor. Yaitu sebuah fitur yang dikembangkan oleh Unreal Engine untuk
membuat game tanpa harus menuliskan kode pemrograman apapun.
-
Unreal Engine 4 memperlihatkan secara
penuh UI (User Interface) yang mudah dimengerti jadi tidak akan lama untuk
menguasainya.
-
Unreal Engine dapat memberikan grafik
yang sangat bagus.
-
Unreal Engine 4 sudah dapat digunakan
secara gratis.
KEKURANGAN
-
Engine game ini membutuhkan spesifikasi
komputer yang cukup tinggi. Processor yang digunakan minimal adalah Quand Core
Intel atau AMD dengan kecepatan 2.5 GHz, kartu grafis NVDIA GeForce 470 GTX
atau AMD Radeon 6870 HD, dan 8GB RAM. Sistem operasi yang digunakan adalah
Windows 7 64-bit atau Mac OS X 10.9.2.
Contoh Game:
Komentar
Posting Komentar