STRUKTUR
WEB
Struktur Situs Web merupakan bagian yang sangat penting yang
harus dikuasai oleh seorang web designer. Dalam suatu organisasi apapun, pasti
memiliki struktur organisasi. Organisasi situs web mengatur bagaimana hubungan
antar halaman web, sehingga membuat pengunjung situs menjadi nyaman.
Keuntungan
struktur situs web yang dibuat dengan baik:
1. Dapat mengkomunikasikan pesan yang
ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
2. Pengguna situs web dapat dengan
mudah memahami situs web.
3. Mudah untuk dikembangkan pada waktu
yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
4. Dapat menurunkan biaya cost
pengunjung situs .
Contoh Struktur Web:
Struktur
Situs Web terdiri dari :
1.
Struktur
Linear
2.
Struktur
Grid
3.
Struktur
Hierarki
STRUKTUR LINEAR
1.
Struktur
linear murni
2.
Struktur
linear dengan halaman tambahan
3.
Struktur
linear dengan halaman pilihan
4.
Struktur
linear dengan halaman alternatif
Struktur
Linear Murni
a. Digunakan untuk situs-situs web yang
kecil, seperti personal page.
b. Biasanya hanya terdiri dari 4 – 10
halaman.
c.
Cocok
digunakan untuk menampilkan isi yang bersifat tutorial atau penjelasan mengenai
suatu pokok bahasan.
d. Kelemahan struktur jenis ini adalah
ketidaknyamanan pengunjung dalam menjelajasi isi situs web.
e.
Pada
situs web yang besar struktur ini masih digunakan, tetapi hanya sebatas untuk
bagian-bagian penting seperti halaman-halaman registrasi.
Struktur
Linear Tambahan
a. Digunakan untuk menjelaskan sebuah
isi sama seperti struktur linear murni
b. Uraian ini cocok untuk membuat
sebuah penjelasan yang banyak mengandung uraian detail yang boleh untuk
dilewatkan.
c.
Kelemahan
struktur ini sama dengan kelemahan struktur linear murni, yaitu pengunjung
tidak dapat melompat kesuatu halaman tanpa melewati halaman berikutnya.
Struktur
Linear dengan Halaman Pilihan
a. Pada struktur ini pengunjung diberi
pilihan untuk melompat ke suatu halaman tertentu tanpa harus melewati halaman
berikutnya.
b. Struktur ini banyak digunakan pada
sebagian besar situs web yang ada.
c.
Cocok
digunakan untuk menamoilkan informasi yang bersifat ringan, seperti artikel,
berita dan informasi lain yang tidak menuntut pengunjung agar menyimak
penjelasan secara bertahap.
Struktur Linear dengan Halaman
Alternatif
a. Pada dasarnya sama dengan struktur
linear murni, bedanya pengunjug diberi alternatif “jalan” untuk pergi ke sebuah
halaman.
b. Struktur ini hanya sedikit lebih
baik dari struktur linear murni.
c.
Struktur
ini digunakan untuk isi situs yang bersifat menjelaskan halaman demi halaman,
namun ada beberapa bagian yang memiliki tingkatan yang sama. Pada bagian inilah
dapat dipisah menjadi halaman alternatif.
STRUKTUR GRID
1.
Merupakan
perluasan dari struktur linear murni.
2.
Struktur
ini juga mengandung struktur linear dengan halaman alternatif dan struktur
linear dengan halaman tambahan.
STRUKTUR HIERARKI
1.
Sangat
banyak digunakan oleh sebagian besar situs web. Karena struktur ini bersifat
fleksibel dan mudah untuk dikembangkan jika diperlukan.
2.
Menggunakan
sub-sub direktori dan membentuk level-level ke bawah.
3.
File-file
yang memiliki karakteristik fungsi yang sama akan disimpan dalam satu
dierktori.
4.
Pada
struktur ini gambar-gambar yang digunakan dalam setiap halaman web disimpan
dalam sebuah drektori tertentu.
Jenis-jenis
Struktur Hierarki
1.
Struktur hierarki lebar/ wide hierarki
a.
Merupakan
struktur dasar dari bentuk hierarki dimana terdapat sebuah halaman depan yang
menghubungkan halaman-halaman lain di dalam situs web.
b.
Penempatan
halaman-halaman selain halaman depan diletakkan dalam satu level melebar.
c.
Struktur
ini sering digunakan pada situs-situs web yang sederhana dimana sebuah halaman
index yang menghubungkan dengan halaman-halaman isi.
2.
Struktur hierarki pendek/ narrow hierarki.
a.
Mirip
dengan struktur hierarki lebar, perbedaannya adalah struktur ini menempatkan
halaman-halaman isi menjadi lebih “dalam” atau lebih “masuk” ke dalam.
b.
Sebagian
besar situs web yang ada saat ini menggunakan gabungan antara dua jenis
struktur hierarki ini.
c.
Perlu
diperhatikan bahwa struktur-struktur dasar ini tidak dapat diaplikasikan secara
mentah-mentah karena penggunaan struktur ini sangat tergantung kepada pembagian
kategori isi yang akan dijelaskan.
Small – World Network
Small World Network adalah sebuah tipe grafik matematikal
yang dari banyaknya simpul , namun tidak berhubungan dengan simpul yang lainnya
(berbeda) , tetapi banyak nya simpul bisa menjangkau setiap simpul kecil
lainnya. Khususnya, small-world network didefinisikan sebagai jaringan di mana
L jarak antara dua node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang
diperlukan) tumbuh secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N
dalam jaringan, yaitu:
Dalam
konteks jaringan sosial, hasil dalam fenomena small world netwok untuk orang
asing (orang tak dikenal) yang dihubungkan dengan cara berinteraksi. Banyak
grafik empiris dengan baik dimodelkan oleh jaringan-dunia kecil. Jaringan
sosial, konektivitas internet, wiki seperti Wikipedia, dan jaringan gen semua
karakteristik small world network.
Contoh Klasifikasi Small-World Network:
Sebuah
kategori tertentu small world network diidentifikasikan sebagai kelas grafik
acak oleh Duncan Watts dan Steven Strogatz pada tahun 1998. Mereka mencatat
bahwa grafik dapat diklasifikasikan menurut dua fitur struktural independen,
yaitu koefisien clustering, dan rata-rata jarak dari simpul satu ke simpul
lainnya (juga dikenal sebagai rata-rata panjang jalur terpendek).
Grafik
murni acak, dibangun sesuai dengan model Erdös-Rényi (ER), dan menunjukkan
rata-rata panjang jalur terpendek (biasanya bervariasi sebagai logaritma
dari jumlah node) bersama dengan koefisien pengelompokan kecil. Watts dan
Strogatz mengukur bahwa sebenarnya banyak jaringan dunia nyata yang memiliki
panjang jalur rata-rata terpendek, tetapi koefisien pengelompokan secara
signifikan lebih tinggi daripada yang diharapkan secara acak atau random.
Watts
dan Strogatz kemudian mengusulkan sebuah model grafik baru, saat ini bernama
model Watts dan Strogatz, dengan (i) rata-rata panjang jalur terpendek yang
kecil, dan (ii) koefisien pengelompokan yang besar. Crossover dalam model
Watts-Strogatz antara “dunia besar” (seperti lattice / poset) dan small world
network pertama kali dijelaskan oleh Barthelemy dan Amaral pada tahun 1999.
Karya ini diikuti oleh sejumlah studi besar , termasuk yang mendapatkan hasil
yang tepat / studinya berhasil (Barrat dan Weigt, 1999; Dorogovtsev dan Mendes,
Barmpoutis dan Murray, 2010).
Situs
Jejaring Sosial
Jejaring
sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang
umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih
tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Diagram
Jaringan Sosial:
Analisis
jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan.
Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah
hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul.
Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan
jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga
negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah,
menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam
mencapai tujuannya.
Dalam
bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua
ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula
digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering
digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik
dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
Contoh Jejaring Sosial:
Dibawah ini adalah
salah satu situs jejaring sosial yaitu :
1.
MySpace
MySpace adalah situs
jaringan sosial populer yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi,
blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia.
Markas situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi
pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dengan harga 580 juta dollar AS dan
MySpace resmi berpindah tangan menjadi milik News Corporation.
2.
Friendster
Friendster, yang ide
penamaannya berasal dari nama Napster, adalah sebuah situs web jaringan sosial
di mana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data
dirinya untuk kemudian mendapatkan account di Friendster. Dalam Friendster,
kita juga dapat melihat teman dari teman kita dan teman dari teman dari teman
kita, selain melihat teman kita sendiri.
Friendster dimulai
sejak tahun 2002 oleh Jonathan Abrams dan sekarang sudah melewati masa beta
test. Sejak awal 2005, Friendster juga telah memulai fitur blog. Bahasanya juga
sudah multi-language. Dan kini sudah ada versi untuk mobile-nya.
3.
Facebook
Facebook adalah
situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan
oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High
School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College.
Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di
wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester,
Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League.
Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam
kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang
memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh
dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.
Selanjutnya
dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa
perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e
apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung
dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah
tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007,
situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs
yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang
dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007,
peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak
dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika,
mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat
setiap harinya.
4.
Twitter
Twitter adalah suatu
situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi
pengguna untuk mengirimkan “pembaharuan” berupa tulisan teks dengan panjang maksimum
140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau
aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006
oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Kesuksesan Twitter membuat banyak situs
lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara
atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan
bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan
Twitter.
Dan masih banyak
lagi situs jejaringan sosial seperti, Hi5, LinkedIn, Fupei, weibo, bebo, orkut,
yahoo! meme, koprol, tumblr, plurk, google+, hello dan lain sebagainya.
Analisis jejaring sosial internasional:
c.
Center for Computational Analysis of Social and
Organizational Systems (CASOS) at Carnegie Mellon
BLOG
Blog
merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai
tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.
Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu
baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.
Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet
sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Jenis-jenis
blog :
1. Blog politik: Tentang berita,
politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
2. Blog pribadi: Disebut juga buku
harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan,
puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
3. Blog bertopik: Blog yang membahas
tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
4. Blog kesehatan: Lebih spesifik
tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien,
berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
5. Blog sastra: Lebih dikenal
sebagai litblog (Literary blog).
6. Blog perjalanan: Fokus pada bahasan
cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang
perjalanan/traveling.
7. Blog mode: Lebih dikenal dengan
“fashion blog”. Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen,
liputan pameran mode, dan lain-lain.
8. Blog riset: Persoalan tentang
akademis seperti berita riset terbaru.
9. Blog hukum: Persoalan tentang hukum
atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
10. Blog media: Berfokus pada bahasan
berbagai macam informasi
11. Blog agama: Membahas tentang agama
12. Blog pendidikan: Biasanya ditulis
oleh pelajar atau guru.
13. Blog kebersamaan: Topik lebih
spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
14. Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
15. Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai
atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
16. Blog pengejawantahan: Fokus tentang
objek diluar manusia; seperti anjing
17. Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga
dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
PENGERTIAN
BLOGOSPHERE
Blogosphere adalah suatu interkoneksi / interaksi antar blog yangg
tergabung dalam sebuah domain dan domain tersebut tergabung dalam lingkup
jaringan / internet, Contohnya, Technorati, Top of Blogs, Blog
Top site, blogspot termasuk juga dengan blog
directory, sebuah blogosphere biasanya diklasifikasikan menurut jenis
postingan, ada berupa blog berita, blog hoby , blog forum, blog komunitas, blog
iformasi dll.Istilah Blogosphere muncul pada
tahun 1999 dan mulai populer tahun 2002, walaupun lahir dari sebuah lelucon
keberadaan Blogosphere kini menjadi sebuah ikon bagi blogger,
banyak blogger yang menganggap belum lengkap bila
seorang blogger belum tergabung ke dalam komunitas Blogosphere hingga jadi
ikon eksistensinya dalam dunia blogging.( apa benar begitu..??? )
Manfaat Blogosphere ini
tak lepas kaitannya dari SEO ( Search Engine Optimization ),
layaknya sebuah komunitas keberadaan Blogosphere memberikan
jalinan komunikasi antar blogger, membuat akses posting yg
popular dan menjadi sebuah trend, atau mengupdate suatu bahasa dan kosakata
untuk sebuah komunitas blog sehingga menjadi kepopuleran tersendiri.
Menulis
konten yg terpublikasikan pada suatu Blogosphere akan membuat
sesuatu yang berbeda tetapi konten tersebut harus asli dari karya blogger
itu sendiri tanpa full Copas atau bisa disebut full
repost. Para pembaca dan juga para Blogger akan lebih
menghargai tulisan hasil karya sendiri tanpa adanya copy paste tulisan
sepenuhnya, dikarenakan para blogger akan sangat dan mungkin
merasa terganggu dengan adanya konten yang hanya bisa mengandalkan post ulang
dengan materi dan isi yang sepenuhnya sama dengan blog yang telah terpublikasi
sebelumnya.
Para pembaca atau bisa dibilang konsumen akan merasa jenuh apabila konten dariweblog tersebut antara satu dengan yang lainnya sama tanpa ada eksplorasi dan kreasi sendiri dalam membuat suatu konten yang bermutu. Walaupun Konten yang kita berikan tidak sebarapa bagus dari apa yang sudah diberikan pada weblog lainnya akan tetapi konten tersebut akan lebih bisa dihargai dan dapat lebih dinikmati oleh para pembaca dan para peselancar interent untuk mencari berita dan informasi. Konten yang Original juga akan menjadikan mesin pencari seperti halnya Si mbah Google lebih friendly atau menghargai weblog tersebut walaupun konten dari weblog tidak lebih baik dari weblog yang hanya bisa copy paste atau translate dari bahasa lain ke bahasa yang dituturkan dan disampaikan oleh blogger tersebut.
Para pembaca atau bisa dibilang konsumen akan merasa jenuh apabila konten dariweblog tersebut antara satu dengan yang lainnya sama tanpa ada eksplorasi dan kreasi sendiri dalam membuat suatu konten yang bermutu. Walaupun Konten yang kita berikan tidak sebarapa bagus dari apa yang sudah diberikan pada weblog lainnya akan tetapi konten tersebut akan lebih bisa dihargai dan dapat lebih dinikmati oleh para pembaca dan para peselancar interent untuk mencari berita dan informasi. Konten yang Original juga akan menjadikan mesin pencari seperti halnya Si mbah Google lebih friendly atau menghargai weblog tersebut walaupun konten dari weblog tidak lebih baik dari weblog yang hanya bisa copy paste atau translate dari bahasa lain ke bahasa yang dituturkan dan disampaikan oleh blogger tersebut.
Jadi
Intinya para blogger / anggota dari Blogosphere atau
komunitas dari suatu domain kolektif akan lebih
menghargai blogger yang dapat memberikan konten original dari
ide dan kreatifitas oleh bloggeritu sendiri, dengan nota bene
informasi yang diberikan oleh weblog dan blogger lainnya
yang memberikan konten menjadi inspirasi dan menjadi sumber ide untuk membuat
konten yang berisi untuk sebuah weblog, bahkan mesin pencari
seperti Google yang
beroperasi secara otomatis dapat mengetahui mana konten yang original dan mana
konten yang hanya bisa salin dan tempel.
DAFTAR PUSTAKA:
http://yasiendt.blogspot.co.id/2014/05/struktur-web.html
http://yasiendt.blogspot.co.id/2014/05/struktur-web.html
Komentar
Posting Komentar