Langsung ke konten utama

idul fitri



HARI RAYA IDUL FITRI





DI SUSUN OLEH :
JUITA JAUHAROTUS SAADAH
1IA19
53415617
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016


KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT, karena hanya dengan rahmat-Nya lah makalah ini dapat terselesaikan dengan baik. Makalah ini disajikan sederhana mungkin untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi mekalah ini. Tidak lupa saya mengucapkan terimakasih kepada Edi Fakhri selaku dosen Mata kuliah Ilmu Budaya Dasar sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu.
Bekasi, 20 Juli 2016
Penyusun


            DAFTAR ISI
            Kata pengantar
            Daftar isi
            BAB I PENDAHULUAN
a.       Latar Belakang
b.      Rumusan Masalah
c.       Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
a.       Pengertian hari raya ditinjau dari agama
b.      Kegiatan social dan budaya saat hari raya
c.       Pengeluaran pada saat hari raya
BAB III PENUTUP
Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA



BAB I PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Lebaran  atau hari raya idul fitri merupakan hari besar yang dinanti-nantikan oleh umat islam di dunia, karena di hari itu adalah hari kemenangan bagi umat islam setelah berpuasa selama satu bulan penuh.
Di Indonesia lebaran sudah merupakan suatu kebiasaan atau adat, dimana masyarakat sibuk menyiapkan semuanya, seperti makanan-makanan hari raya misalkan ketupat, opor ayam, kue-kue kecil dan lain-lain.
Di hari raya lebaran biasanya masyarakat Indonesia akan melukan mudik. Dan pada hari raya lebaran setiap muslim saling bersilaturahmi dan saling maaf-maafkan kesalahan masing-masing.
Melihat keadaan ini, lebaran merupakan hari yang special sekali, karena dapat mempengaruhi tatanan hidup masyarakat, khususnya dari segi agama, segi social, dan budaya, serta segi ekonomi.
B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa yang dimaksud dengan hari raya ditinjau dari agama?
2.      Apa saja kegiatan social dan budaya pada hari raya?
3.      Berapa banyak pengeluaran pada saat hari raya?
C.     TUJUAN
1.      Mengetahui pengertian hari raya ditinjau dari agama
2.      Mengetahui kegiatan social dan budaya apa saja pada saat hari raya
3.      Mengetahui banyak pengeluaran pada saat hari raya


BAB II PEMBAHASAN
A.    PENGERTIAN HARI RAYA DITINJAU DARI AGAMA
Ditinjau dari agama jelas lebaran merupakan hari besar agama islam, para muslim di dunia sangat menantikan datangnya hari lebaran. Lebaran merupakan hari kemenangan terhadap muslim yang telah melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan.
Dihari lebaran setiap muslim melakukan ibadah solat idul fitri di pagi hari, dan setelah itu mereka berkumpul dengan keluarga masing-masing dan biasa sungkeman kepada orang yang lebih tua,
Lebaran merupakan hari yang special dimana setiap muslim kembali ke fitrahnya, seolah-olah seperti bayi yang baru lahir ke dunia, dan pada malam lebaran setiap muslim wajib membayar zakat paling lambat sebelum shalat idul fitri selesai. Zakat berfungsi untuk mensucikan harta dan hati kita, lalu zakat yang diberikan kepada orang-orang yang tidak mampu atau fakir miskin.
Di hari lebaran setiap muslim dapat merenungkan segala kesalahan-kesalahan atau dosa-dosa yang diperbuatnya dan bisa menjadikan dirinya lebih baik dari hari-hari kemaren dan dihari yang akan datang bisa mendapatkan hidup yang benar-benar baik.
B.     KEGIATAN SOSIAL DAN BUDAYA SAAT HARI RAYA
Di Indonesia lebaran sudah menjadi kebiasaan dan sudah menjadi adat istiadat, dimana setiap muslim biasanya merayakan dengan sangat antusias, di hari lebaran banyak hal-hal yang jarang dilihat di hari-hari biasanya.
Biasanya seminggu sebelum lebaran ruas-ruas jalan di seluruh Indonesia terjebak macet karena dalam lebaran kita akan mengenal budaya mudik atau pulang kampung yang biasanya mudik orang-orang yang bekerja diluar kota.
Dari segi social lebaran merupakan hari yang menyatukan setiap orang berbeda kelas social, biasanya mereka tidak mengenal siapa mereka, mereka tetap saling memaafkan satu sama lainnya, sehingga lingkungan menjadi rukun , aman dan damai.
Selain hal tersebut diatas, yang sudah menajadi budaya di hari lebaran adalah memakai baju baru, biasanya anak-anak, tetapi orang dewasa juga tidak mau kalah. Katanya sih lebaran tidak meriah tanpa baju lebaran. Budaya ini seakan-akan tidak lepas dari masyarakat Indonesia banyak pusat-pusat perbelanjaan ramai dikunjungi pembeli.
Budaya lainnya adalah tradisi salam tempel, biasanya anak-anak mengharapkan dari orangtua, saudara-saudara yang sudah bekerja, dan anak yang sudah kerja biasanya memberikan kepada orang tua.
Satu hal lagi yang menjadi budaya di hari lebaran adalah ziarah ke kuburan keluarga kita, banyak sekali yang mendoakan arwah-arwah keluarga kita.
C.     PENGELUARAN PADA SAAT HARI RAYA
Ternyata benar bahwa lebaran sangatlah besar pengaruhnya terhadap tatanan kehidupan kita, setelah mengkaji dari dua segi yaitu agama dan social budaya., sekarang kita akan membahas dari segi ekonomi.
Jelas sekali lebaran memang sangat mempengaruhi segi ekonomi, terutama ekonomi Negara kita lebaran tidak lepas dari bahan-bahan pokok seperti makanan-makanan, pakaian-pakaian, dimana jelas-jelas sangat berkaitan erat dengan ekonomi.
Biasanya dibulan ramadhan sampai lebaran harga-harga bahan pokok melonjak naik, harga BBM biasanya naik, minyak tanah, LPG, dll, ikut naik. Tapi masyarakat tetap membeli, walaupun harga-harga nya sangat mahal. Hal ini dikarenakan kebutuhan meningkat dihari lebaran.
            BAB III PENUTUP
            KESIMPULAN
Lebaran memang adalah hari besar umat islam di dunia. Setiap muslim sangatlah menanti-nantikannya, karena di hari itu kita dapat meleburkan kesalahan-kesalahan yang sudah kita perbuat.
Lebaran juga sangatlah berpengaruh terhadap tatanan kehidupan kita karena saling berkaitan satu sama lainnya. Dari segi agama, social budaya, ekonomi, sangatlah berhubungan sangat erat, bahkan tidak bisa dipisahkan satu sama lain.
Semakin jelas bahwa lebaran tidak bisa dipisahkan dengan segi apapun karena lebaran adalah hari yang istimewa yang diberikan oleh Allah SWT kepada tiap muslimnya, jadi kita tidak bisa menyia-nyiakan moment besar seperti ini, kita harus antusias merayakan.
            DAFTAR PUSTAKA
            http://zahralja69.blogspot.co.id/2013/03/makalah-idul-fitri.html?m=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARSITEKTUR WEB DAN APLIKASI UTAMA

ARSITEKTUR WEB DAN APLIKASI UTAMA Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web. Arsitektur Website adalah istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual untuk mengatur konten website. Web desain menggambarkan tugas-tugas praktis, bagian grafis dan bagian teknis dari merancang dan menerbitkan sebuah situs web. Analoginya seperti tugas menyunting sebuah desain dan pencetakan grafis dari koran atau majalah. Berikut adalah contoh bagan dari arsitektur web

Kasus Pelanggaran HAKI di Bidang Teknologi dan Informasi

MAKALAH LEGAL ASPEK PRODUKTIF TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI KASUS PELANGGARAN HAKI Disusun oleh : Farah Diba Az Zahra              (52415481) Juita Jauharotus Saadah          (53415617) Sarah Nur Azizah Pinim         (56415397) TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS GUNADARMA 2017 KASUS PELANGGARAN HAKI 1.      Awas! OS Bajakan di Laptop Merek Terkenal                        Klik disini   untuk melihat lebih jelas tentang kasus-kasus pelanggaran HAKI dibidang Teknologi dan Informasi.

SYMBIAN, ANDROID DAN iOS

ANDROID Android adalah sistem operasi sumber terbuka berbasis Linux yang digunakan dalam perangkat selular. Sistem operasi ini dilambangkan dengan logo Robot Android berwarna hijau. Pada awalnya Android didirikan oleh Andy Rubin beserta rekan-rekan melalui Android.Inc. Awal tujuannya adalah untuk mengembangkan perangkat selular yang lebih sadar akan lokasi dan preferensi penggunanya. Kemudian seiring berjalannya waktu banyak pengembangan system yang dilakukan, hingga pada tanggal 17 Agustus 2005 Google membeli dan memberikan dukungannya secara resmi kepada Android dimana hal itu tentunya menjadikan Android sebagai anak perusahaan Google sepenuhnya yang dimiliki Google. Sejak itu Android secara perlahan dan bertahap melakukan berbagai pembaharuan dan pengembangan guna meningkatkan kinerja sistem operasi serta menciptakan berbagai fitur baru. Perlu diketahui bahwa uniknya, pemberian nama pada berbagai versi android ini mengikuti urutan alphabet dan keseluruhannya merupakan nama