Langsung ke konten utama

MASYARAKAT EKONOMI ASEAN ( MEA )



MASYARAKAT EKONOMI ASEAN ( MEA )
Pengertian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
            Masyarakat Ekonomi ASEAN atau MEA adalah bentuk integrasi ekonomi ASEAN dalam artian adanya system perdagangan bebas antara Negara-negara ASEAN. Indonesia dan Sembilan Negara anggota ASEAN lainnya telah menyepakati perjanjian Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
            Pada KTT di Kuala Lumpur pada Desember 1997 para pemimpin ASEAN memutuskan untuk mengubah ASEAN menjadi kawasan yang stabil, makmur dan sangat kompetitif dengan perkembangan ekonomi yang adil dan mengurangi kemiskinan dan kesenjangan social ekonomi (ASEAN Vision 2020).
            Pada KTT Bali pada bulan oktober 2003, para pemimpin ASEAN menyatakan bahwa Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan menjadi tujuan integrasi ekonomi regional pada tahun 2020, ASEAN Security Community dan komunitas Sosial-Budaya ASEAN dua pilar yang tidak terpisahkan dari komunitas ASEAN. Semua pihak diharapkan untuk bekerja secara yang kuat dalam membangun Komunitas ASEAN pada tahun 2020.
            Selanjutnya, pertemuan menteri ekonomi ASEAN yang diselenggarakan pada bulan agustus 2006 di Kuala Lumpur, Malaysia, sepakat untuk memajukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dengan target yang jelas dan jadwal untuk pelaksanaannya.
            Pada KTT ASEAN ke-12 pada bulan januari 2007, para pemimpin menegaskan komitmen mereka yang kuat untuk mempercepat pembentukan komitas ASEAN pada tahun 2015 yang diusulkan di ASEAN visi 2020 dan ASEAN Concord II, dan menandatangani Deklarasi Cebu tentang percepatan pembentukan Komunitas ASEAN pada tahun 2015 secara khusus, para pemimpin sepakat untuk mempercepat pembentukan komunitas ekonomi ASEAN pada tahun 2015 dan untuk mengubah ASEAN menjadi daerah dengan perdagangan bebas barang, jasa, investasi, tenaga kerja terampil, dan aliran modal yang lebih bebas.
Karakteristik dan Unsur Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)
            Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) adalah realisasi tujuan akhir dari integrasi ekonomi yang dianut dalam visi 2020, yang didasarkan pada konvergensi kepentingan Negara-negara anggota ASEAN untuk memperdalam dan memperluas integrasi ekonomi melalui inisiatif yang ada dan baru dengan batasan waktu yang jelas. Dalam mendirikan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), ASEAN harus bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip terbuka, berorientasi ke luar, inklusif, dan berorientasi pasar ekonomi yang konsisten dengan aturan multilateral serta kepatuhan terhadap system untuk kepatuhan dan pelaksanaan komitmen ekonomi yang efektif berbasis aturan.
            Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan membentuk ASEAN sebagai pasar dan basis produksi tunggal membuat ASEAN lebih dinamis dan kompetitif dengan mekanisme dan langkah-langkah untuk memperkuat pelaksanaan baru yang ada inisiatif ekonomi; mempercepat integrasi regional di sektoe-sektor prioritas; memfasililtasi pergerakan bisnis, tenaga kerja terampil dan bakat; dan memperkuat kelembagaan mekanisme ASEAN. Sebagai langkah awal untuk mewujudkan Masyarakat Ekonomi ASEAN .
            Pada saat yang sama, Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akan mengatasi kesenjangan pembangunan dan mempercepat integrasi terhadap Negara Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam melalui inisiatif for ASEAN Integration dan inisiatif regional lainnya.
            Bentuk kerjasamanya adalah :
1.      Pengembangan SDM dan peningkatan kapasitas;
2.      Pengakuan kualifikasi professional;
3.      Konsultasi lebih dekat pada kebijakan makro ekonomi dan keuangan;
4.      Langkah-langkah pembiayaan perdagangan;
5.      Meningkatkan infrastruktur;
6.      Pengembangan transaksi elektronik melalui e-ASEAN;
Dan lain sebagainya.
            Karakteristik ini saling berkaitan kuat dengan memasukkan unsur-unsur yang dibutuhkan dari masing-masing karakteristik dan harus memastikan konsistensi dan keterpaduan dari unsur-unsur serta pelaksanaanya yang tepat dan saling mengkoordinasi di antara para pemangku kepentingan yang relevan.
Peranan menghadapi kondisi Masyarakat Ekonomi ASEAN
Peran-peran an nya:
Ø  Kesadaran membenahi diri
Banyak cara yang harus dilakukan untuk membenahi diri dalam mempersiapkan untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015. Hal ini juga merupakan suatu tantangan karena sejatinya pola pikir dan semangat pemerintah Indonesia masih seperti biasanya. Kondisi ini perlu adanya penyadaran bagi para generasi muda seperti kita ini. Sebab keberlanjutan Negara ini ada di tangan kaum muda-mudi, ketika kesadaran akan pentingnya membenahi diri untuk menghadapi MEA bagi para generasi muda itu tidak ada, Indonesia nantinya akan terjual ke Negara lain dan Indonesia akan dikuasai oleh Negara lain.
Ø  Mensosialisasikan MEA kepada orang-orang terdekat
Dukungan dari generasi muda untuk menghadapi MEA merupakan salah satu kekuatan Indonesia untuk dapat bertahan dalam persaingan pasar bebas. Generasi muda seperti kita ini perlu membuat berbagai kegiatan diantaranya yaitu menciptakan usaha sendiri, mensosialisasikan MEA dan mengajak kaum muda lain untuk meningkatkan daya wirausaha sehingga usaha-usaha baru akan muncul dan bisa mempertahankan perekonomian bangsa.
Cara untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi MEA
Cara-caranya adalah :
1.      Leadership
Orang yang berbakat memimpin selalu dibutuhkan dimana saja. Karena orang-orang seperti ini mempunyai kecenderungan mengatur dan sangat peduli akan kemajuan kelompoknya.
2.      Public Speaking
Bicara di depan orang banyak adalah keterampilan yang tidak dimilikki semua orang. Kita bisa melatihnya dengan sering menjadi juru bicara pada saat presentasi tugas kelompok dikelas. Di dunia kerja orang-orang yang mempunyai keterampilan presentasi lah yang sering menjadi andalan.
3.      Bahasa asing
Bahasa asing kali ini bukan lah nilai plus lagi, melainkan sudah menjadi suatu kewajiban untuk bisa berbahasa asing. Malah, di persaingan MEA 2015 bahasa kudu ditambah, selain bahasa inggris bahasa bahasa lain juga mesti di kuasai.
4.      Project management
Bisa diartikan sebagai pengetahuan untuk merancang sebuah proyek. Yang dirancang adalah waktu, kekuatan, dan kelemahan yang kita punya. Intinya, belajar bekerja secara professional. Bagaimana kita bekerja dalam tim dan professional.
5.      Negosiasi dan mediasi
Negosiasi tentang penyelenggaraan atau apapun yang akan kita lakukan dalam berorganisasi. Serta menjadi mediasi pihak-pihak yang beselisih.
6.      Networking
Networking sama halnya dengan bergaul, tetapi bukan asal gaul dan ingin menjadi top. Tetapi membangun jaringan untuk membantu karir kita.
7.      Rendah hati
Rendah hati itu bukan tidak membanggakan diri atas prestasinya, melainkan memiliki kesadaran akan “masih ada langit, diatas langit”. Jadi, kita harus terus belajar karena masih banyak orang yang lebih hebat diatas kita.
8.      Openness
Pikiran terbuka sangat lah berguna ketika kita masuk kedunia atau lingkungan baru. Menerima pandangan dan budaya salah satu contohnya.
9.      Ingin tahu dan kritis
Rasa ingin tahu yang besar menandakan kita haus akan pengetahuan. Sementara rasa kritis diperlukan supaya kita tidak cepat puas dan selalu ingin mencari jawaban yang lebih baik lagi.
10.  Profesionalisme
Banyak sekali makna dari kata kata ini, diantaranya tekun, kerja keras dan focus. Ketiganya berjalan bersamaan dan berdampingan. Tanpa ketiga hal tersebut ilmu tinggi yang kita punya akan sia-sia.
Referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARSITEKTUR WEB DAN APLIKASI UTAMA

ARSITEKTUR WEB DAN APLIKASI UTAMA Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web. Arsitektur Website adalah istilah yang digunakan untuk disiplin intelektual untuk mengatur konten website. Web desain menggambarkan tugas-tugas praktis, bagian grafis dan bagian teknis dari merancang dan menerbitkan sebuah situs web. Analoginya seperti tugas menyunting sebuah desain dan pencetakan grafis dari koran atau majalah. Berikut adalah contoh bagan dari arsitektur web

Kasus Pelanggaran HAKI di Bidang Teknologi dan Informasi

MAKALAH LEGAL ASPEK PRODUKTIF TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI KASUS PELANGGARAN HAKI Disusun oleh : Farah Diba Az Zahra              (52415481) Juita Jauharotus Saadah          (53415617) Sarah Nur Azizah Pinim         (56415397) TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS GUNADARMA 2017 KASUS PELANGGARAN HAKI 1.      Awas! OS Bajakan di Laptop Merek Terkenal                        Klik disini   untuk melihat lebih jelas tentang kasus-kasus pelanggaran HAKI dibidang Teknologi dan Informasi.

SYMBIAN, ANDROID DAN iOS

ANDROID Android adalah sistem operasi sumber terbuka berbasis Linux yang digunakan dalam perangkat selular. Sistem operasi ini dilambangkan dengan logo Robot Android berwarna hijau. Pada awalnya Android didirikan oleh Andy Rubin beserta rekan-rekan melalui Android.Inc. Awal tujuannya adalah untuk mengembangkan perangkat selular yang lebih sadar akan lokasi dan preferensi penggunanya. Kemudian seiring berjalannya waktu banyak pengembangan system yang dilakukan, hingga pada tanggal 17 Agustus 2005 Google membeli dan memberikan dukungannya secara resmi kepada Android dimana hal itu tentunya menjadikan Android sebagai anak perusahaan Google sepenuhnya yang dimiliki Google. Sejak itu Android secara perlahan dan bertahap melakukan berbagai pembaharuan dan pengembangan guna meningkatkan kinerja sistem operasi serta menciptakan berbagai fitur baru. Perlu diketahui bahwa uniknya, pemberian nama pada berbagai versi android ini mengikuti urutan alphabet dan keseluruhannya merupakan nama